Kamis, 11 Desember 2008

Rencana Nikah Masal Dimantapkan

SELONG --Pemda Lombok Timur terus memantapkan rencana nikah masal bagi 3.000 pasangan dari tiga kecamatan. Masing-masing Kecamatan Selong, Labuhan Haji dan Kecamatan Sukamulia.

Hal itu dikemukakan juru bicara Pemkab Lotim, Haji Soejono AR kepada Lombok Post, Rabu kemarin. ‘’Persiapannya makin dimantapkan sehingga pada pelaksanaannya nanti berjalan lancar,‘’ ujar Soejono.
Menurut Soejono yang juga Kabag Humas dan protokol Sesdakab tersebut, nikah masal terhadap 3.000 pasutri merupakan kegiatan cukup spektakuler di penghujung tahun 2008 yang digelar Pemda Lotim.
Kegiatan yang digagas Bupati HM Sukiman Azmy disambut antusias takoh agama dan masyarakat Gumi Selaparang. ‘’Pada acara itu bukan berarti pasangan yang datang dinikahkan ulang, tetapi hanya dikukuhkan dengan diberi buku nikah,‘’ ujarnya.
Setiap pasutri, buku nikah harus dimiliki. Sebab tanpa buku nikah, masyarakat tidak bisa mengurus akta kelahiran anaknya nanti meskipun pernikahan mereka sudah sah menurut agama.
Disebutkan, niat pemerintah menggelar kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat miskin yang tidak mempunyai buku nikah dengan alasan tidak ada biaya. Karena tidak mampu membayar buku nikah, maka pemerintah menggratiskan.
Kendati nikah masal itu sebagai pengukuhan bagi pasangan yang sudah nikah dibawah tangan, baik secara liar atau kawin siri, melalui kegiatan tersebut diharapkan ada 50 pengantin baru yang melangsungkan pernikahannya.
Prosesi nikah masal dilakukan di Mesjid Agung Selong. Selesai ijab qabul di depan penghulu, dilanjutkan pembacaan tanfiz Alquran sampai pukul 00.00 Wita.
Bagi pasangan yang belum terdaftar, kata Soejono masyarakat bisa menghubungi Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayahnya masing-masing. (ulu)

>>> sumber : www.lombokpost.co.id

1 komentar:

  1. asyiknya rame2... dalam kesederhanaan
    trnyata kemiskinan ga' jd penghalang utk menikah...

    BalasHapus