Selasa, 21 April 2009

Hari Bumi, Earth Day 2009


Selamat Hari Bumi sedunia yang jatuh pada tanggal 22 april, wih... hari bumi sedunia bertepatan dengan hari ulang tahunnya KERISPATIH, happy birth day Kerispatih..., semoga kerispatih makin the best...

Oh iya... mari kita buat bumi kita menjadi lebih hijau seperti background blogku tuh (heheh...)

Apa yang meski kita lakukan untuk hari bumi sedunia kali ini ? apa makin lama akan semakin panas dan membuat bumi ini tengelam karena karena suhu bumi semakin naik mengakibatkan es di kutub utara dan selatan mulai meleleh ???

---

Bumi yang kita tempati memiliki sejarah panjang hampir sama dengan usia tata surya kita, yaitu sekitar 5 milyar tahun. Planet Bumi atau Planet Biru telah mengalami banyak hal ekstrim termasuk diantaranya bumi sangat panas pada masa pembentukannya, hujan meteor, zaman es, letusan gunung api super hingga hujan dan badai.

Pada Zaman Es (berakhir sekitar 10.000 tahun yang lalu), dimana bumi membeku selama berjuta tahun telah menyebabkan punahnya beribu jenis mahluk hidup khususnya ketika terjadi Toba Super Volcano, dan ketika es mencair membentuk komposisi daratan dan lautan yang hampir sama seperti sekarang.

Pada Zaman Es (era Pleistocene) telah terjadi letusan gunung api super Toba (Toba Super Volcano) di Sumatera Utara, sekitar tiga ribu kubik material dimuntahkan dari perut bumi telah menutupi sinar matahari menyebabkan suhu bumi turun 3 – 5 derajat Celcius. Dengan turunnya suhu bumi yang ekstrim banyak mahluk hidup tidak bertahan, menurut para analis manusia yang bertahan antara 1.000 sampai 10.000 orang.

Mahluk hidup yang ada hari ini termasuk manusia (homo sapiens) merupakan hasil dari seleksi alam, bertahannya manusia dalam seleksi alam tersebut adalah suatu hal yang patut disyukuri mengingat alam terkadang tidak bersahabat dengan mahluk hidup yang ada didalamnya.

Ketika alam yang tidak bersahabat dengan manusia misalnya saat badai, gempa bumi, gunung meletus, tsunami dan sebagainya, berarti musibah atau bencana bagi kelangsungan hidup manusia. Adanya bencana alam membuktikan kepada manusia, bahwa alam tidak membutuhkan manusia, oleh karenanya manusia harus pandai membaca isyarat alam agar selamat.

Manusia harus santun terhadap alam, kelangsungan hidup umat manusia bisa jadi tergantung pada kesantunan kita terhadap alam, kita harus membaca isyaratnya. Pemanasan global dan kelangkaan pangan adalah salah satu isyarat bagi manusia agar kita santun terhadap alam, merawat bumi (sedekah bumi) dengan cara memberi nutrisi pada bumi (tanah) adalah salah satunya.

Ingat kita hanya punya satu kesempatan dengan satu bumi yang kita tempati, yang dititipkan Tuhan untuk anak cucu kita.

Mari Selamatkan bumi untuk semua !!!
sumber : AYO BANGKIT INDONESIA

7 komentar:

  1. petramaxxxx kah saya :D

    BalasHapus
  2. selamat hari bumi, marilah kita sayangi bumi kita ini....

    BalasHapus
  3. happy bday buat bumi kita yang tambah tua..

    BalasHapus
  4. bumi kita memang udah tua,,,dan udah mau mati kali ya....

    BalasHapus
  5. “Alam ini akan selalu mampu mencukupi kebutuhan makan bagi penghuninya, tetapi tidak mampu untuk mencukupi satu saja manusia yang rakus”
    Mahatma Gandhi
    Kayak Nya pas tu ucapan Mahatma Gandhi dan semoga kita bukan diantara mereka yang rakus... walaupun bertambah tua semoga bertambah matang penghuninya untuk selalu mencitai bumi yang kita pijak ini salam dan sukses selalu

    BalasHapus
  6. met hari bumi yaks biar dh telat tp kita ttp hrs berjuang dan berkorban untuk bumi kita yg dh tua

    BalasHapus
  7. Selamat hari bumi,, thx kunjungannya.

    BalasHapus