Sabtu, 21 Februari 2009

Wisata 3 Gili di Lombok


Wisata Matra Lombok, yakni Gili Meno, Gili Trawangan, dan Gili Air. Dijamin tidak akan rugi.

Bagi Anda pencinta wisata alam laut, kawasan Gili Meno, Gili Trawangan, dan Gili Air di Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah kawasan yang tidak boleh terlewatkan dalam jadwal wisata Anda.

Di ketiga gili (pulau) ini,Anda akan merasakan keindahan alam yang sensasional. Ketiga pulau kecil ini mempunyai karakteristik yang berbeda dan menyesuaikan kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan jarak tempuh, Anda tinggal datang ke Gili Air. Namun, jika Anda mau menikmati petualangan menyusuri laut, Anda harus datang ke Gili Trawangan dan Gili Meno.


Gili Meno, Trawangan, dan Air (Matra) sendiri dikukuhkan sebagai Taman Wisata Alam Laut oleh Menteri Kehutanan berdasar Surat Keputusan No99/Kpts-II/2001 tanggal 15 Maret 2001. Kawasan perairan ini meliputi perairan laut yang mengelilingi tiga pulau, Gili Meno seluas 150 hektare, Gili Air seluas 175 hektare, dan Gili Trawangan seluas 340 hektare, sisanya seluas 2.289 hektare merupakan perairan laut.

Secara administrasi, Taman Wisata Alam Laut (TWAL) ini termasuk ke dalam Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Batas kawasan di bagian barat berbatasan dengan Laut Jawa, di bagian timur dengan Tanjung Sire, di bagian utara dengan Laut Jawa, dan di bagian selatan berbatasan dengan Selat Lombok.

Lalu apa yang menarik dari ketiga pulau ini? Kawasan ini merupakan objek wisata bahari yang banyak diminati, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Itu karena di kawasan tiga pulau ini terkenal dengan pantai pasir putih, kondisi perairan laut yang jernih, berbagai jenis ikan, dan keanekaragaman terumbu karang, khususnya dari jenis karang biru (blue coral).

Saat pertama kali menjejakkan kaki di Gili Trawangan, Anda akan menikmati ketenangan. Tak ada hiruk pikuk keramaian seperti laiknya kawasan wisata. Pasir pantainya yang lembut dan airnya yang jernih seolah memastikan kita akan semakin betah tinggal di “surga” para penyelam ini.

Pemandangan bawah air di sekitar Gili Trawangan konon merupakan yang terindah di Indonesia. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut di sekitar Gili Trawangan dengan cara diving (menyelam) dan snorkeling. Tak hanya ada karang atau taman laut, beragam ikan hias juga dapat Anda nikmati di sini. Kalau ingin bersantai bersama keluarga, cobalah menginap di Gili Air?

Pulau kedua di seberang Gili Trawangan. Luas pulau Gili Air 180 hektare dan panjang pantai sekeliling pulau ini 6 kilometer. Adapun Laut Flores di utara pulau kecil ini cukup banyak ikan hiasnya berwarna biru dan kuning, merah, putih di dalam lekukan karang. Pemandangan ini tentu membuat tamu yang menginap menjadi betah.

Memang pulau Gili Air ini terkesan sepi. Kesan sepi ini semakin terasa karena banyaknya pohon kering yang berdiri indah di pinggir pantai. Arus air laut yang tenang dan deburan ombak saat senja membuat suasana semakin nyaman. Suasana ini katanya yang dicari orang-orang asing yang jenuh dengan kebisingan.

Sementara itu, Gili Meno yang terletak di tengah, antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih sesuai bagi wisatawan yang menginginkan suasana rileks di tengah kesunyian. Pengunjung benar-benar disuguhi nuansa alami pantai tropis yang tenang. Pepohonan bakau masih terlihat merimpun di sepanjang pesisir pantainya.

1 komentar:

  1. nah ini dia, wisata gili, kalo kata temen saya yang uda pernah kesana keren mampus! salam merdeka!

    BalasHapus