Sabtu, 23 Agustus 2008

HIV dan AIDS

Apa itu HIV dan AIDS ?

HIV singkatan dari "Human Immunodeficiency Virus". Virus ini adalah virus yang di ketahui menjadi penyebab AIDS [Acquired Immune Deficiency Syndrome]. Jika seseorang positif HIV, ini berarti mereka terinfeksi virus tersebut. Seseorang yang terinfeksi dengan HIV tidak mempunyai AIDS selama tersebut secara serius merusak sistem kekebalan, membuat mereka lemah/mudah terserang infeksi, beberapa di antaranya menyebabkan kematian. HIV ditularkan melalui cairan tubuh kebanyakan dalam darah, sperma, cairan vagina dan ASI.

Anda tidak akan terkena HIV :

S : Dok. Apa kita bisa terkena HIV dengan brjabat tangan sama si penderita ?
J : Tidak, kita tidak akan tertular dengan berjabat tangan
S : Bagaimana kalau berbagi alat potong dengan penderita ?
J : Tidak akan :o
S : Kalau berpelukan dengan penderita ?
J : Tidak :o , anda juga tidak akan terkena jika anda minum dari mata air
S : Bagaimana kalau saya menggunakan gelas yang sama ?
J : Tidak:o
S : Bagaimana kalau berteman dengan penderita?
J : Tidak :o
S : Bagaimana kalau aku bermain bersama dia ?
J : Tidak :o
S : Bagaimana belajar bersama atau bersekolah di tempat yang sama ?
J : Tidak :o , pokonya kalau anda melakukan yang tadi anda tanyakan tidak akan terkena yang namanya HIV, jadi bergaullah sama penderita HIV, tidak akan mengakibatkan apa - apa, kecuali kalau anda berstubuh dengan dia otomatis anda positif HIV.


Kesalahan Pahaman HIV dan AIDS

Beberapa kesalahpahaman telah terjadi tentang HIV/AIDS. Terdapat tiga kesalahpahaman yang paling umum terjadi, yaitu AIDS dapat menyebar melalui kontak sehari-hari, hubungan seksual dengan perawan akan menyembuhkan AIDS, dan HIV hanya dapat menginfeksi laki-laki homoseksual dan pemakai narkoba. Kesalahpahaman lainnya adalah bahwa seks anal antara laki-laki homoseksual dapat menyebabkan infeksi AIDS, dan membuka diskusi homoseksualitas dan HIV di sekolah menyebabkan meningkatnya homoseksual dan AIDS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar