Kamis, 19 Maret 2009

Harus Bisa !!!


Jakarta: Hari Jumat (27/6) malam menjadi hari istimewa bagi Juru Bicara Presiden, Dino Patti Djalal, yang meluncurkan buku berdasarkan catatan hariannya sebagai Juru Bicara Presiden SBY, berjudul Harus Bisa, Seni Memimpin ala SBY, di Museum Nasional. Dino yang datang didampingi istrinya Rosa Rai, nampak segar dengan setelan jasnya, dan ceria menyapa para undangan.

“Hidup saya berubah total sejak tahun 2004, dari seorang diplomat menjadi Juru Bicara Presiden dan masuk Istana. Sungguh suatu kehormatan luar biasa. Empat tahun belakangan ini tidur saya selalu keringat dingin,” canda Dino dalam sambutannya. “Tapi ajakan Presiden ini saya terima, karena ini adalah era politik terpenting bagi bangsa Indonesia. Bukan saja era reformasi, tetapi juga era transformasi. Saya yakin Indonesia akan

berkembang lebih pesat dari era sebelumnya,” ujar Dino.

Buku ini, lanjut Dino, adalah catatan pribadinya sebagai Juru Bicara Presiden SBY, dan bukan biografi tentang SBY. “Buku ini rekaman berbagai cerita tentang kepemimpinan SBY, anekdot, dan cerita seputar Presiden SBY. Di buku ini ada cerita tentang Presiden SBY yang menjadi kurir surat seorang gadis Aceh korban tsunami dengan seorang anak Amerika, pikiran dan tindakan SBY ketika menangani wafatnya Pak Harto, bagaimana kepemimpinan Presiden SBY menangani krisis tsunami, dan juga cerita ketika saya membangunkan Presiden RI tengah malam karena ada wartawan Indonesia yang disandera di Irak,” Dino menjelaskan.

“Buku ini saya tulis di awal tahun 2008. Ketika akan menulis buku ini, Presiden SBY berpesan kepada saya, “Dino kalau engkau ingin menulis tentang apa yang saya piker dan lakukan, tulislah secara obyektif. Ceritakan tentang kebenaran. Say what I do, what I have done. Ini abadi Din”, “ kenang Dino.

Pada buku setebal 430 halaman ini terdapat lebih kurang 42 tulisan yang terbagi dalam enam bab, yaitu Memimpin Dalam Krisis, Memimpin Dalam Perubahan, Memimpin Rakyat dan Menghadapi Tantangan, Memimpin Tim dan Membuat Keputusan, Memimpin di Pentas Dunia, serta Memimpin Diri Sendiri. Buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto Presiden SBY yang sesuai dengan cerita masing-masing bab.

Hadir dalam peluncuran buku ini antara lain, Ali Alatas, Alwi Shihab, Hermawan Kartajaya, Sandiaga Uno, dan Muhammad Chatib Basri. Hadir pula kedua orangtua Dino, mertua, serta Putra-putrinya, Alexa, Keanu, dan Chloe. Usai Acara, Dino langsung dikerubuti tamu-tamunya yang mengantri untuk mendapatkan tanda tangan dibukunya. (osa)

1 komentar:

  1. wah bukunya sepertinya bagus nih...jubir presiden pula...

    BalasHapus